Yaslis Institute

We serve you better. We provide all you need in training, workshop, consultant and research human resource, health, hospital, insurance.

Kasus Negatif Pelayanan Kesehatan (3)

Jumat, 29 April 2011

Infus Yang Menyakitkan


Suatu saat di bulan September 1995, saya terserang penyakit demam yang disertai dengan nyeri di perut, tengkuk dan tulang punggung, kadang-kadang muntah dan diare. Setelah menderita sakit selama 3 hari, akhirnya saya dibawa keluarga ke ruang UGD sebuah rumah sakit swasta di kota saya. Begitu sampai di ruang UGD saya langsung ditangani oleh perawat jaga (bukan dokter jaga) yang dengan segera menginfus saya. Tetapi yang terjadi, jarum infus tidak dapat segera menemukan jalurnya. Saya seolah-olah menjadi kelinci percobaan oleh perawat yang baru belajar untuk menemukan pembuluh darah balik. Jarum infus tidak dapat masuk ke pembuluh darah dengan tepat. Tidak kurang enam kali tangan kiri dan kanan saya ditusuk-tusuk, menimbulkan perdarahan dan mengakibatkan rasa sakit yang menakutkan. Dengan rasa sakit yang aduhai saya hanya bisa pasrah karena saya sendiripun sibuk dengan rasa sakit dibagian tubuh yang lain.


Pengalaman ini amat membekas di hati, saya bertanya dalam hati apakah di ruang UGD rumah sakit tersebut tidak ada protap untuk menangani pasien dengan kondisi seperti saya ? Apakah perawat tersebut tidak pernah dilatih bagaimana cara menemukan dengan segera pembuluh darah yang tepat untuk memasukkan cairan infus tanpa harus terlebih dahulu menyakiti pasien? Apakah perawat di UGD telah dibekali sertifikat keahlian untuk menangani pasien dalam keadaan darurat ? Apakah UGD di rumah sakit ini tidak dilengkapi oleh personel dokter jaga ? Kalau ada kenapa tidak segera membantu perawat yang tidak mampu memberikan pelayanan kepada pasien ? Puluhan pertanyaan lain yang dapat muncul dari pengalaman buruk yang saya alami di UGD rumah sakit. Pertanyaan penting yang perlu dijawab oleh rumah sakit kita adalah dapatkah kita memberikan pelayanan bermutu kepada pasien ?


Deswita

Disadur dari : Ilyas, Yaslis. 2004. Wajah Pelayanan Kesehatan Kita.PT.Djambatan : Jakarta

0 komentar:

Poskan Komentar